Universitas Terbaik Indonesia di Mata Dunia

Written By admin on Friday, September 16, 2011 | 11:58 PM

Berikut Peringkat dan Rangking Universitas Terpopuler di Indonesia.
Berita fenomenal kali ini datang dari peringkat universitas terbaik di Indonesia versi 4ICU. Peringkat 4ICU terbaru ini dirilis pada minggu kedua bulan ini. Lembaga ini melakukan pemeringkatan terhadap 10.200 peguruan tinggi di 200 negara. Peringkat popularitas tersebut diukur berdasarkan tiga parameter, yaitu Google Pagerank, inbound link Yahoo, dan web traffic berdasarkan Alexa.

Berikut adalah daftar 10 besar perguruan tinggi Indonesia yang berhasil masuk ke dalam daftar 4ICU terbaru:

1.Institut Teknologi Bandung (ranking 32 dunia):

Institut Teknologi Bandung (ITB), didirikan pada tanggal 2 Maret 1959. Kampus utama ITB saat ini merupakan lokasi dari sekolah tinggi teknik pertama di Indonesia. Walaupun masing-masing institusi pendidikan tinggi yang mengawali ITB memiliki karakteristik dan misi masing-masing, semuanya memberikan pengaruh dalam perkembangan yang menuju pada pendirian ITB.

Sejarah ITB bermula seja awal abad kedua puluh, atas prakarsa masyarakat penguasa waktu itu. Gagasan mula pendirianya terutama dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan tenaga teknik yang menjadi sulit karena terganggunya hubungan antara negeri Belanda dan wilayah jajahannya di kawasan Nusantara, sebagai akibat pecahnya Perang Dunia Pertama. De Techniche Hoogeschool te Bandung berdiri tanggal 3 Juli 1920 dengan satu fakultas de Faculteit van Technische Wetenschap yang hanya mempunyai satu jurusan de afdeeling der Weg en Waterbouw.

Didorong oleh gagasan dan keyakinan yang dilandasi semangat perjuangan Proklamasi Kemerdekaan serta wawasan ke masa depan, Pemerintah Indonesia meresmikan berdirinya Institut Teknologi Bandung pada tanggal 2 Maret 1959 . Berbeda dengan harkat pendirian lima perguruan tinggi teknik sebelumnya di kampus yang sama, Institut Teknologi Bandung lahir dalam suasana penuh dinamika mengemban misi pengabdian ilmu pengetahuan dan teknologi, yang berpijak pada kehidupan nyata di bumi sendiri bagi kehidupan dan pembangunan bangsa yang maju dan bermartabat.

2.Universitas Indonesia (ranking 155 dunia):
Universitas Indonesia adalah kampus modern, komprehensif, terbuka, multi budaya, dan humanis yang mencakup disiplin ilmu yang luas. UI saat ini secara simultan selalu berusaha menjadi salah satu universitas riset atau institusi akademik terkemuka di dunia. Sebagai universitas riset, upaya-upaya pencapaian tertinggi dalam hal penemuan, pengembangan dan difusi pengetahuan secara regional dan global selalu dilakukan. Sementara itu, UI juga memperdalam komitmen dalam upayanya di bidang pengembangan akademik dan aktifitas penelitian melalui sejumlah disiplin ilmu yang ada dilingkupnya.

UI berdiri pada tahun 1849 dan merupakan representasi institusi pendidikan dengan sejarah paling tua di Asia. Telah menghasilkan lebih dari 400.000 alumni, UI secara kontinyu melanjutkan peran pentingnya di level nasional dan dunia. Bagaimanapun UI tidak bisa melepaskan diri dari misi terkininya menjadi institusi pendidikan berkualitas tinggi, riset standar dunia dan menjaga standar gengsi di sejumlah jurnal internasional nomor satu.


Danau Kenanga Universitas Indonesia
Dengan predikat sebagai kampus terbaik negeri ini, UI secara aktif mengembangkan kerja sama global dengan banyak perguruan tinggi ternama dunia. Beberapa universitas terkemuka yang saat ini tercatat memiliki perjanjian dengan UI diantaranya adalah: Washington University, Tokyo University, Melbourne University, Sydney University, Leiden University, Erasmus University, Kyoto University, Peking University, Tsinghua University, Australian National University, and National University of Singapore. Selain itu, UI saat ini juga memperkuat kerjasamanya dengan beberapa asosiasi pendidikan dan riset diantaranya: APRU (Association of Pacific Rim Universities) dengan peran sebagai Board of Director, AUN (ASEAN University Network), and ASAIHL (Association of South East Asia Institution of Higher Learning).

3.Universitas Gadjah Mada (ranking 621 dunia):

Universitas Gadjah Mada resmi didirikan pada tanggal 19 Desember 1949 dan merupakan Universitas yang bersifat nasional. Selain itu Universitas Gadjah Mada juga berperan sebagai pengemban Pancasila dan Universitas pembina di Indonesia
Pada saat didirikan, Universitas Gadjah Mada hanya memiliki enam fakultas, sekarang memiliki 18 Fakultas dan satu program Pascasarjana (S-2 dan S-3). Universitas Gadjah Mada termasuk universitas yang tertua di Indonesia, berlokasi di Kampus Bulaksumur Yogyakarta. Sebagian besar fakultas dalam lingkungan Universitas Gadjah Mada terdiri atas beberapa jurusan/bagian dan atau program studi. Kegiatan Universitas Gadjah Mada dituangkan dalam bentuk Tri Dharma Perguruan Tinggi yang terdiri atas Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat.

4.Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ranking 779 dunia):

Kampus ITS Sukolilo menempati areal seluas 180 hektar dengan luas bangunan seluruhnya kurang lebih 150.000 m2. Selain itu terdapat Kampus Manyar yang dipergunakan oleh Program D-3 Teknik Sipil dengan luas bangunan 5.176 m2 dan Kampus ITS Cokroaminoto yang dipergunakan untuk magister manejemen serta beberapa lembaga kerjasama dengan luas bangunan 4.000 m2.

Staf Pendukung

Mempunyai staf pengajar sebanyak 1012 orang yang terdiri dari 28 orang profesor, 133 orang doktor,434 orang master dan lainnya sarjana lulusan perguruan tinggi terkemuka di luar dan dalam negeri serta profesional di bidangnya, menjadikan ITS sebagai sumber acuan perguruan tinggi lain di kawasan Indonesia Timur.

Staf non akademik berjumlah 1101 orang yang tersebar pada berbagai bagian administrasi mulai dari rektorat sampai jurusan-jurusan, selain ada yang bertugas di laboratorium-laboratorium.

Kapasitas Mahasiswa

Jumlah mahasiswa ITS yang terdaftar pada tahun ajaran 2002/2003 berjumlah 17.672 mahasiswa yang terdiri dari 21 mahasiswa Program Doktor, 1.605 mahasiswa Program Magister, 11.666 mahasiswa Program Sarjana, 4.270 mahasiswa Program D-3 dan Politeknik serta 110 mahasiswa Program D-4. Sampai saat wisuda ke-86 Maret 2003, ITS telah meluluskan sebanyak 37.208 wisudawan. Mereka terdiri dari 1.389 program magister, 22.833 program sarjana, 12.841 program D-3 dan Politeknik, 145 Program D-4 Teknik Kesehatan Lingkungan dan Politeknik.

Kapasitas Akademik

Sampai tahun 2003, ITS memiliki 5 Fakultas dengan 4 Program Doktoral, 12 Program Magister, 22 jurusan/program studi tingkat sarjana (10 jurusan diantaranya juga menyelenggarakan program ekstensi S-1 atau lintas jalur), 6 Program Studi D-3 (5 program diantaranya juga menyelenggarakan program ekstensi D-3), 2 Program Studi D-4 dan 2 Politeknik dengan 8 Program Studi (seluruhnya juga menyelenggarakan program ekstensi).

5.Universitas Gunadarma (ranking 1058 dunia):

Untuk membuat masa depan ight baru material dan spiritual akan menjadi sebuah penderitaan. Semua diberikan kekuatan untuk menghadapi segala tantangan datang menuju. Namun demikian, semua keberhasilan yang dicapai akan datang sekitar kepada kita untuk membenarkan indra. Untuk tumbuh benar dan orang berpendidikan, tangguh mental dan spiritual. Melalui kata-kata ini, kita dapat menemukan arti benar dan peran lembaga pendidikan sebagai salah satu media untuk menghasilkan manusia yang berharga dan mudah-mudahan akan memberikan kontribusi bagi pertumbuhan bangsa. Dengan pikiran, Yayasan Pendidikan Gunadarma didirikan pada tahun 1981. Mulai perannya dengan membuka pendidikan komputer yang disebut Ilmu Komputer Program Pendidikan yang kemudian berubah menjadi Indonesia Ilmu Komputer & Akademi, dan kemudian berubah menjadi Gunadarma Komputer dan Manajemen Informatika High School dan tambahan Gunadarma Ekonomi High School menyelesaikan muncul lembaga ini. Dedikasi tidak berhenti, yayasan tetap menyesuaikan bentuk institusi pendidikan menjadi Universitas yang kemudian didirikan oleh Surat Keputusan Direktur Jenderal DIKTI No No.92/DIKTI/Kep/1996 tanggal 3 April 1996 tentang rd penggabungan Gunadarma Komputer dan Manajemen Informatika High School dan Gunadarma Ekonomi SMA ke Universitas Gunadarma.

6.Universitas Sumatera Utara (ranking 2010 dunia):

Universitas Sumatera Utara (USU) adalah sebuah universitas negeri yang terletak di Kota Medan, Indonesia. Universitas Sumatera Utara adalah salah satu universitas terbaik di pulau Sumatera dan merupakan universitas negeri tertua di luar Jawa. USU juga adalah universitas pertama di pulau Sumatera yang mempunyai Fakultas Kedokteran.
USU didirikan sebagai Yayasan Universitet Sumatera Utara pada tanggal 4 Juni 1952. Fakultas pertama adalah Fakultas Kedokteran yang didirikan pada 20 Agustus 1952, yang kini diperingati sebagai hari jadi USU. Presiden Indonesia, Soekarno kemudian meresmikan USU sebagai universitas negeri ketujuh di Indonesia pada tanggal 20 November 1957.

7.Universitas Diponegoro (ranking 2023 dunia):

Universitas Diponegoro (UNDIP) berusaha mewujudkan Visi 2020 dimana pada tahun 2020, Undip merupakan Universitas Riset yang Unggul.

Oleh karena itu UNDIP senantiasa berusaha menjadi universitas nasional yang dikenali dan terakreditasi secara internasional sebagai universitas riset. Program ini sesuai dengan tantangan era globalisasi saat ini. Era globalisasi memerlukan institusi pendidikan tinggi yang berkualitas tinggi untuk dapat menunjang pencapaian dalam kompetisi global yang sangat cepat perkembangannya. B

erdasarkan kondisi saat ini, kualitas pendidikan dalam sebuah universitas harus selalu ditingkatkan dalam rangka pengembangan sumber daya yang berkualifikasi sesuai yang diinginkan, berpengetahuan tinggi, dan berteknologi tinggi.

Langkah-langkah telah dilakukan oleh UNDIP sesuai dengan petunjuk program pengembangan pendidikan tinggi dari Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi DIKTI.

Pada tahun 2020, UNDIP menjadi Universitas Riset yang Unggul. Usaha-usaha untuk mencapai visi tersebut dinyatakan dalam misi-misi berikut:

1.menghasilkan program pendidikan terbaik dalam bidang sains, teknologi, dan seni
2.melaksanakan penelitian dan publikasi saintifik secara profesional untuk mendukung 3.pengembangan sains dan teknologi
4.menyediakan pelayanan pengabdian masyarakat sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan perkembangan ilmu pengetahuan
5.melaksanakan evaluasi secara berkala untuk meningkatkan kualitas, otonomi, akuntabilitas, dan akreditasi universitas.

8.Universitas Bina Nusantara (ranking 2070 dunia):

BINUS UNIVERSITY ini awalnya didirikan sebagai lembaga pelatihan komputer jangka pendek, Modern Computer Course, pada 21 Oktober 1974. Ini adalah awal pertumbuhan yang cepat dan ekspansi, diberkati dengan dasar yang kuat, visi yang jelas, dan dedikasi yang tinggi.

Pertumbuhan cepat dan kepentingan rakyat menyebabkan induksi sekolah. Modern Kursus Komputer telah berkembang menjadi 'Akademi Teknik Komputer (ATK)' atau 'Sistem Komputer Akademi' pada tanggal 1 Juli 1981. Ini ditawarkan Diploma (D-3) Program Manajemen Informasi dan Ilmu Komputer. Tiga tahun kemudian, pada 13 Juli 1984, ATK diperoleh "Terdaftar" status dan berganti nama menjadi 'Akademi Manajemen Informatika dan Komputer (AMIK)' atau 'Akademi Manajemen Informatika dan Ilmu Komputer' Jakarta. Pada tanggal 1 Juli 1985, AMIK Jakarta membuka lagi Program Diploma Komputerisasi Akuntansi. Pada tanggal 21 September 1985, AMIK Jakarta berubah nama menjadi AMIK BINA NUSANTARA.

Pada tanggal 17 Maret 1986, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, melalui The Dewan Pendidikan Tinggi Distrik III diberikan AMIK BINA NUSANTARA sebagai The Best Computer Akademi, ketika masih relatif muda.

Meningkatnya kebutuhan akan sumber daya manusia yang berkualitas tinggi dalam bidang Teknologi Informasi BINA NUSANTARA termotivasi untuk mendirikan 'Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK)' atau 'Lembaga Manajemen Informatika dan Ilmu Komputer' BINA NUSANTARA pada tanggal 1 Juli 1986. Lembaga ini ditawarkan Undergraduate (S-1) Program Manajemen Informasi, Ilmu Komputer, dan Teknik Komputer.

Pada tanggal 9 November 1987, AMIK BINA NUSANTARA digabung dengan STMIK BINA NUSANTARA. Ini menciptakan sebuah institusi tunggal penawaran Diploma (D-3) dan Sarjana (S-1) program. STMIK BINA NUSANTARA dicapai "Terakreditasi" status untuk semua program dan tingkat, pada tanggal 18 Maret 1992. Setelah sudah diukir reputasi yang baik, STMIK BINA NUSANTARA diresmikan nya Master (S-2) Program Sistem Informasi Manajemen, yang pertama dari jenisnya di Indonesia pada tanggal 10 Mei 1993.

Sebagai langkah berikutnya untuk BINA NUSANTARA, BINUS UNIVERSITY didirikan pada tanggal 8 Agustus 1996. STMIK BINA NUSANTARA kemudian digabungkan ke BINUS UNIVERSITY pada tanggal 20 Desember 1998. BINA NUSANTARA UNIVERSITY, pada saat itu, memiliki 6 Fakultas: Ilmu Komputer, Ekonomi dan Bisnis, Sains dan Teknologi, Bahasa dan Budaya, Psikologi dan Komunikasi & Multimedia, juga dengan BINUS Online Learning Program.

9.Universitas Pendidikan Indonesia (ranking 2212 dunia):

Universitas Pendidikan Indonesia didirikan pada tanggal 20 Oktober 1954 di Bandung, diresmikan oleh Menteri Pendidikan Pengajaran Mr. Muhammad Yamin. Semula bernama Perguruan Tinggi Pendidikan Guru (PTPG), didirikan dengan latar belakang sejarah pertumbuhan bangsa, yang menyadari bahwa upaya mendidik dan mencerdaskan bangsa merupakan bagian penting dalam mengisi kemerdekaan. Beberapa alasan didirikannya PTPG antara lain: Pertama, setelah Indonesia mencapai kemerdekaannya, bangsa Indonesia sangat haus pendidikan. Kedua, perlunya disiapkan guru yang bermutu dan bertaraf universitas untuk meningkatkan kualitas pendidikan yang akan merintis terwujudnya masyarakat yang sejahtera.

Gedung utama UPI bermula dari puing sebuah villa yang bernama Villa Isola, merupakan gedung bekas peninggalan masa sebelum Perang Dunia II. (Pada masa perjuangan melawan penjajah, gedung ini pernah dijadikan markas para pejuang kemerdekaan). Puing puing itu dibangun kembali dan kemudian menjelma menjadi sebuah gedung bernama Bumi Siliwangi yang megah dengan gaya arsitekturnya yang asli.

Di sinilah untuk pertama kalinya para pemuda mendapat gemblengan pendidikan guru pada tingkat universitas, sebagai realisasi Keputusan Menteri Pendidikan Pengajaran dan Kebudayaan Republik Indonesia (Nomor 35742 tanggal 1 September 1954 tentang pendirian PTPG/Perguruan Tinggi Pendidikan Guru).

10.Universitas Sebelas Maret (ranking 2218 dunia):

Hingga usianya yang lebih dari tiga dasa warsa UNS terus berjuang mengemban amanah yang cukup berat, yakni mencerdaskan kehidupan bangsa. Berbagai kegiatan telah dilakukan, telah banyak pula prestasi yang diraih. Saat ini UNS telah tumbuh dan berkembang menjadi salah satu universitas terpandang di Indonesia. Di masa mendatang, UNS diharapkan mampu berkembang sebagai perguruan tinggi yang unggul dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, baik di tingkat nasional sejajar dengan perguruan tinggi yang terlebih dahulu berkembang, maupun di tingkat internasional yang mampu berkiprah sebagai perguruan tinggi otonom dan berkelas dunia (world class university). Pada saat ini UNS secara terus menerus berbenah diri berpacu melaksanakan program percepatan pengembangan di bidang: a). pemerataan dan perluasan akses; b). peningkatan mutu, relevansi dan daya saing; dan c). Peningkatan tata kelola, akuntabilitas dan pencitraan publik.

Upaya untuk mengembangkan UNS menjadi universitas unggul di tingkat internasional dan maju di bidang ilmu pengetahuan, teknologi dan seni seperti yang diamanatkan dalam Visi dan Misi Universitas Sebelas Maret (UNS), mempunyai konsekuensi dan tanggung jawab yang besar, terutama dalam membangun komitmen bersama yakni mengedepankan kualitas, profesional, efektif dan efisien.
Berbagai program, kebijakan dan kegiatan telah dilakukan secara berkesinambungan untuk menghadapi tantangan perubahan global yang terus melaju cepat, dinamis, interdependen dan kompleks. Harus kita akui bahwa tantangan di masa mendatang jauh lebih berat, karena pengembangan pendidikan tinggi tidak dapat dipisahkan dari perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya, dan ekonomi dunia yang semakin pesat. Perubahan-perubahan tersebut pada akhirnya menuntut agar lulusan perguruan tinggi memiliki kompetensi yang handal dan berdaya saing. Di sisi lain, pada saat ini sebagian besar perguruan tinggi di Indonesia, masih mengalami berbagai permasalahan internal seperti banyaknya regulasi yang belum sepenuhnya mengakomodasi efektivitas pelayanan, atau permasalahan eksternal seperti kualitas dan relevansi lulusannya yang belum sepadan dengan kebutuhan pasar kerja/dunia industri, sehingga keseluruhan harapan masyarakat tersebut belum sepenuhnya secara maksimal dapat diwujudkan.

No comments:

Post a Comment